4 Fungsi Bisnis Perusahaan Manufaktur

4 Fungsi Bisnis Perusahaan Manufaktur
oleh
Dr. David Sukardi Kodrat MM, CPM

   Perusahaan manufaktur adalah suatu perusahaan yang aktivitasnya mengelola bahan mentah atau bahan baku sehingga menjadi barang jadi lalu menjualnya kepada konsumen. Umumnya kegiatan seperti ini sering disebut dengan proses produksi.

Perusahaan manufaktur dalam setiap pekerjaan atau kegiatan operasional yang dilakukannya tentu memiliki acuan dan standar dasar yang digunakan oleh para karyawan yang bekerja, biasanya acuan standar tersebut disebut dengan SOP (Standar Operasional Prosedur).

   Pada kuliah tamu ini, Bpk David menjelaskan tentang pentingnya 4 Fungsi Bisnis dalam perusahaan manufaktur yaitu Marketing, HRD, Finance, Produksi.
Beliau memberikan analogi dengan studi kasus, yaitu studi kasus tentang perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang furniture meubel yaitu olympic.

   Dari studi kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa kunci manajemen dari olympic menurut 4 fungsi bisnis adalah.

Marketing
  •  Peka terhadap masalah konsumen
  • Memperkuat pasar lokal
  • Melakukan penetrasi ke pedesaan dengan mengembangkan funimart ( retail furniture )
Produksi
  • Melakukan inovasi produk
  • Mengeluarkan produk-produk baru dengan desain yang baru
  • Efisiensi proses produksi
HRD
  • Merekrut tenaga kerja ahli dan terampil
  • Melakukan pengembangan SDM
Finance
  •  Pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip GCG
   Jika kita ingin terjun ke dalam dunia bisnis manufaktur yang kita butuhkan adalah soft skill 80% dan sisanya adalah hardskill. softskill yang di maksud disini adalah kemampuan berkomunikasi, serta bekerja sama dengan orang lain. Itu didapatkan dengan cara berorganisasi pada saat kuliah/sekolah.

   Jadi kesimpulannya adalah kita harus mengembangkan softskill terutama kemampuan berkomunikasi dengan orang lain, selama kita masih kuliah/sekolah, karena itu sangat penting di dunia kerja nantinya.




Comments