Apa sih marketing online itu?
Segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk
atu jasa melalui atau menggunakn media internet. Online marketing
identik dengan menawarkan melalui berbagai media website ataupun sosial
media. Media marketing dibagi menjadi dua yaitu Offline dan Online.
1.Marketing Offline ?
Marketing / pemasaran yang di lakukan serta menggunakan sarana fisik
di dunia nyata seperti, papan reklame, baliho, atau langsung berhadapan
dengan konsumen .
Offline marketing identik dengan menawarkan melalui berbagai media baik cetak , audio / TV.
2. Marketing Online ?
Segala upaya yang di lakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk/jasa melalui atau menggunakan media internet.
Online marketing identik dengan menawarkan mellui berbagai media website/ sosmed.
Contoh : Web Iklan, FB Iklan, Youtube Iklan.
Mengapa sekarang media Online lebih terkenal di banding Offlline?
di karenakan Biaya lebih murah, Jangkauan lebih luas, dan Buka 24 jam.
dengan adanya media ini pengaruh perkembangan teknologi & internet
menjadikan media Pengumuman secara tulis tidak ada lagi Kaset / DVD
tidak laku lagi.
1. WEB / BLOG
2. Socisl Media
Penerapan Marketing Online
“Setiap media online mempunyai cara yang berbeda untuk dijadikan lahan marketing”
Tanpa interaksi, tak akan ada transaksi, Social media, bukan selling
media, Ciptakan relasi atau hubungan yang bagus dengan teman anda,
semakin bagus relasinya maka akan bagus juga konversinya.
Pentingnya Eduksi Produk/Jasa yang akan anda tawarkan dengan tidak menerapkan hard selling.
Setidaknya menerapkan 5 Hal Penting Dalam Marketing Di Media Social
1. Orang tahu bahwa Anda siapa (awareness)
2. Orang tahu Anda menjual apa (association)
3. Orang percaya pada Anda karena Anda memiliki nilai positif (perceived quality)
4. Orang puas dengan Anda (setisfaction)
5. Orang bertransaksi dengan Anda serta merekomendasikan Anda ke orang lain (loyaliti)
OPTIMASI BASIC VIDEO YOUTUBE
1. Gunakan Tittle ,Diskripsi,Keyword/Tag yang RLEVAN dengan Tujuan Video anda
2. Gunakan data riset untuk mendapatkan kata kunci yang pas untuk target produk/jasa anda.
3. Manfaatkan Social Media untuk mendapatkan trafik pengunjung video youtube anda.
SEARCH ENGINE
1. Pada dasarnya cara kerja mesin pencari adalah menampilkan hasil dari
relevansi objek dengan kata kunci yang di input/masukkan oleh user.
(Tittle + Diskripsi + Tag/Keyword)
2. Mesin pencari bukan manusia yang memiliki mata dan telinga yang
secara jelas menampilkan hasil penelusuran yang di inginkan oleh user.
3. Setiap objek memiliki variable identitas yang bisa dimanfaatkan untuk
mempercepat mesin pencari dalam menemukan objek yang dibutuhkan oleh
user.
SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
Serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk
meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari
menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau
Algoritma.
Suatu upaya yang di lakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website
yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebuah halaman website
menjadi lebih baik dari mesin pencari, terutama Google.
Halaman website yang memiliki ranking yang baik di halaman pencarian
Google tentunya akan berpeluang untuk mendapatkan lebih banyak visitor
potensial terus menerus secara gratis.
Manfaat dan Keuntungan SEO Bagi Sebuah Bisnis
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke website
2. Meningkatkan Penjualan
3. Meningkatkan Daya Saing
4. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda
Kemampuan calon pembeli atau konsumen untuk mengenali maupun mengingat
sebuah merk. Semakin terkenal sebuah merk niche tertentu maka
kemungkinaan intensitas juga akan semakin besar.
5. Mendapatkan Data Customer Anda dengan Gratis
Memanfaatkan form input layanan autoresponder untuk membangun email list customer.
SEO ORGANIK & SEO NON-ORGANIK
SEO ORGANIK :
10 hasil pertama pencarian di search engine
SEO NON-ORGANIK :
Iklan yang keluar dari google advertise
PENERAPAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
Ada banyak cara untuk melakukan SEO Organik, yang pada intinya adalah ,
mencari dukungan (Backlink) dari website/blog lain yang membantu
menyebarkan alamat website kita (Anchor Text)
Mesin pencarian (Google) menerapkan sebuah Algoritma dalam menentukan
website mana yang cocok untuk ditampilkan pada halaman pencarian user.
Standart Algoritma yang di inginkan mesin pencarian
1. Konten yang unik dan fressh
2. Struktur web yang baik
3. Backlink yang Relevan & Hight Authority
SEO ON PAGE & OFF PAGE
SEO ON PAGE
Optimisi yang dilakukan dari dalam situs website.
Serangkaian cara dalam menyusun isis dari halaman website.
· Template/Theme Website
· Judul Website
· Meta Deskripsi
· Heading Artikel
· Keyword/Tag
· Konten
· Struktur URL
· Page Speed
· Outbond Link
SEO OFF PAGE
Optimisi yang dilakukan dari luar situs website. Serangkaian cara
membangun backlink. Memperbanyak inbound link (link dari situs web lain
yang mengarah ke situs web anda), Contoh sederhananya :
· Iklan Gratis/Berbayar
· Blog Walking/Komentar
· Social bookmark
· Article share
· Dummy blog
· Social Media
Cara dan penerapan setiap webmaster memiliki metode atau konsep yang
berbeda beda, baik menggunakan bantuan tool ataupun menggunakan cara
yang alami.
MEMAHAMI & MEMATUHI ATURAN MESIN PENCARIAN
Mesin pencarian terus melakukan update algoritmanya, tujuan utamanya
adalah untuk memberikan hasil pencarian yang relevan dan akurat kepada
user.
DOKUMENTASI
next artikel ya tentang belajar bisnis... see you....
Comments
Post a Comment